Visual merchandising merupakan penataan suatu produk dengan memperhatikan denah ruangan, warna, pencahayaan, teknologi, tampilan dan elemen lainnya yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Tujuan utama dari visual merchandising ini adalah untuk meningkatkan penjualan dan pengunjung.
Maka dari itu, Bisa dikatakan visual merchandising adalah kreativitas secara komunikasi non verbal yang dilakukan oleh penjual untuk menyampaikan pesan yang ingin disampaikan oleh penjual kepada pengunjung sehingga pengunjung tertarik untuk membeli. Dengan perpaduan teknik pemasaran, pengetahuan bisnis retail, serta kreativitas agar tata ruang dan interior bisnis retail bisa menyajikan stok barang secara atraktif.
Contoh Visual merchandising yang bisa diterapkan oleh anda sebagai peritel seperti :
- Instalasi Jendela
- Tata Letak didalam toko
- Layar Interaktif
- Rak Barang
- Tata letak meja kasir
- Poster
- Tampilan monitor promosi
- Patung manequin
- dll.
Apa Saja Manfaat dari Visual Merchandising ?
Bagi peritel, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan apabila menerapkan visual merchandising dengan baik. yuk simak apa saja manfaatnya :
- Meningkatkan Branding Bisnis Ritel
Tampilan visual merchandising yang unik, bisa mencerminkan nilai budaya brand kalian. sehingga dapat lebih mudah diingat dan dikenal konsumen karena memiliki ciri khas yang berbeda dengan peritel lainnya. - Melibatkan Pembeli
Toko bisnis ritel yang ramah pembeli mencerminkan kesan positif di benak konsumen. pengunjung akan dengan senang hati berkunjung lagi dimasa yang akan datang, bahkan merekomendasikan kepada orang lain untuk berkunjung ke toko milik kita. - Meningkatkan Penjualan
ini merupakan tujuan utama dari visula merchandising. pengunjung bisa dibantu mendapatkan produk atau solusi kebutuhannya. misalnya, patung manequin dipakaikan model pakaian yang sedang trend saat ini untuk menginspirasi konsumen dalam berpakaian. dipadu-padankan dengan aksesoris dll sehingga menarik konsumen untuk membeli.
0 Komentar