Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2.f
1. Apa yang dapat saya
ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid,
inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam
melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat
untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
Saya menerapkan prinsip
berpihak pada murid dengan memberikan kesempatan pada murid untuk mengemukakan
pendapatnya dan memberikan kesempatan kepada murid untuk mengeksplore
kreativitasnya. Saya menyadari setiap murid memiliki potensi dan cara belajar
yang berbeda-beda. Melalui perbedaan tersebut saya mulai merancang pembelajaran
yang lebih beragam dengan memepertimbangkan berbagai gaya belajar, Tingkat
kemampuan, dan minat murid-murid.
Saya selalu mecoba
menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan selalu mendengarkan pendapat
murid, menjawab pertanyaan, memberikan solusi atas masalah yang sedang mereka
hadapi. Dengan ekosistem pembelajaran tersebut dapat membuat siswa lebih
terbuka dan nyaman ketika belajar dengan saya. Intinya nilai berpihak pada
murid mengubah cara pandang dan teknik saya melaksanakan pembelajaran di kelas
mulai dari membuat pembelajaran yang menarik, bahan ajar yang beragam sehingga
meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pelajaran di kelas.
Saya akan berusaha menjadi pendidik yang lebih berpihak pada murid, berkomitmen melayani, menuntun dan mendukung perkembangan murid secara optimal. Adapun nilai inovasi yang sudah saya lakukan di kelas yaitu :
- Menyiapkan ice breaking setiap pembelajaran agar siswa lebih semangat.
- Mengadakan Test awal sebelum memberikan materi baru
- Melaksanakan pembelajaran yang tidak hanya
didalam kelas tetapi juga melakukan kegiatan kunjungan pembelajaran / observasi
ke perusahaan yang sesuai dengan jurusan mereka.
Contoh Kunjungan Pembelajaran bisa dilihat disini.
2. Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
- Membiasakan murid untuk SAJUTA (Santun, Jujur, Taat) di Lingkungan sekolah.
- Berkolaborasi dengan siswi dalam kegiatan keputrian setiap hari menjelang sholat dzuhur.
- Berkolaborasi dengan siswa dalam kegiatan sholat Dhuha pada hari rabu dan kamis setiap minggu nya.
- Mengajak murid untuk melakukan refleksi pembelajaran
- Melatih murid presentasi di depan kelas secara bergantian
- Aktif mendengarkan murid terkait dengan apa yang dipahami selama pembelajaran
- Diskusi dan sharing dengan rekan sejawat untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi murid.
- Memancing siswa untuk berani mengemukakan pendapat atau melakukan inisiatif positif
- Melakukan komunikasi dengan orang tua murid untuk kegiatan sekolah
- Mengikut sertakan murid dalam kegiatan lomba yang diadakan di luar sekolah.
·
0 Komentar